Have an account?

Kamis, 01 Maret 2012

Keraton...?? jangan lupa mampir di "Plengkung Wijilan"


Yogyakarta memang tiada habisnya..
setelah berkunjung di tempat nongkrong sambil ngopi "JOOSS", sekarang kita berkunjung ke tempat yang lainnya, di Jl. Wijilan yaitu Plengkung Wijilan. :D



Plengkung Wijilan berada di sebelah timur Keraton Yogyakarta . Plengkung dalam bahasa Indonesia bisa juga disebut gapura atau gerbang. Plengkung Wijilan adalah gapura keraton yang berada di sisi timur Keraton Yogyakarta. Nama aslinya adalah Plengkung Tarunasura, karena lokasinya yang berada di daerah Wijilan maka lebir terkenal dengan Plengkung Wijilan.

Daerah di sekitar Plengkung Wijilan banyak dijumpai penjaja masakan yang sangat terkenal yaitu gudeg, kompleks gudeg tepatnya. Dari Plengkung Wijilan ini, Anda bisa memasukin kawasan jeron benteng (dalam benteng) lingkungan keraton, yang nantinya bisa tembus sampai ke arah alun-alun kidul . Tetapi jika Anda tidak masuk melewati Plengkung Wijilan, dan dari depan plengkung Wijilan Anda menuju ke barat, Anda akan tembus masuk ke alun-alun lor .

Selain masakan gudeg, disekitar plengkung wijilan tepatnya di depan dan samping kanan-kirinya Anda bisa menemukan toko-toko yang menjual cinderamata khas Jogja yang berupa batik maupun kaos-kaos bernuansa Jogja. Plengkung Wijilan ini ukurannya tidak sebesar Plengkung Gading yang berada di selatan Keraton Yogyakarta. Maka jika Anda gemar berpose di depan kamera, di Plengkung Wijilan ini lokasinya terbatas, tidak seleluasa Plengkung Gading. Tapi jika Anda gemar berkuliner dan berbelanja dengan nuansa linkungan Keraton Yogyakarta, di sinilah tempatnya, apalagi ditambah dengan lokasinya yang tidak jauh dengan pusat perbelanjaan Malioboro.
gimana-gimana..?? boleh dong jadi tujuan selanjutnya bagi kamu-kamu yang lagi pengen nongkrong-nongkrong di sekitaran Jogja. :)

0 komentar:

Posting Komentar